Rabu, 28 Juni 2017

Warga Minta Halte Sindangresmi Difungsikan, Ini Kata Daops 2 Bandung


MANAGER Humas PT KAI Daops 2 Bandung, Joni Martinus, memberikan penjelasannya terkait keinginan warga agar KA Siliwangi singgah di Halte Sindangresmi. Sebelumnya diberitakan "Jejak Railfans Cianjur" bahwa warga sekitar mengharapkan halte tersebut difungsikan kembali.

"Terkait dengan harapan warga  agar KA Siliwangi berhenti di Sindangresmi, penjelasannya bahwa KA Siliwangi merupakan KA perintis yang pembiayaannya dari dana pemerintah, melalui  Direktorat Jenndral Perkeretaapian Kemenhub. Sehingga perlu  koordinasi persetujuan dari Ditjenka untuk merealisasikan hal tersebut," paparnya saat dikonfirmasi, Kamis (29/6).

Joni menambahkan, diperlukan banyak pertimbangan untuk mengoperasikan halte tersebut. Misalnya dari fasilitas, sumber daya manusia (SDM) hingga efektifitas kereta berhenti di sana. Dia membenarkan bahwa halte yang terletak di Desa Girimukti Kecamatan Campaka itu berada di wilayah Daops 2 Bandung yang sudah tidak beroperasi.

"Saat ini stasiun tersebut sudah tidak beroperasi, sehingga diperlukan banyak pertimbangn untuk kembali mengoprasikannya. Di antaranya perbaikan fasilitas stasiun, SDM, alat pengaman perjalanan kereta api, kajian sejauh mana efektifitasnya jika KA tersebut berhenti di sana. Dan tentu saja proses koordinasi perizinan dari Ditjenka Kemenhub," tambahnya.

Di sisi lain, Joni menambahkan hal yang juga penting adalah peran serta pemerintah untuk mengusulkan hal tersebut kepada Ditjenka Kemenhub.

"Tentu saja hal yang tak kalah penting adalah peran serta  pemerintah setempat (Cianjur) untuk secara sungguh-sungguh dan maksimal mengusulkan hal tersebut secara resmi kepada  Ditjenka Kemenhub," tandasnya.(mrezafauzie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar